Cara Menjadi Ninja pencarian: Memanfaatkan Kekuatan Sejati Google bukan teknik seo

12:13 AM
Tidak dapat
menemukan
bahwa hasil yang
selalu sulit
dipahami Anda
telah mencari?
Lelah berpikir tidak
ada cara untuk
menemukan hasil
tanpa mengarungi
melalui halaman-
upon-halaman
hasil? Pernahkah
Anda ingin untuk
memperkaya
pengalaman pencarian Anda, tetapi tidak tahu bagaimana atau di
mana untuk memulai? Apakah mesin pencari Anda lagu U2 "Saya
Masih Belum Ditemukan Yang saya mencari?"
Jika Anda melompat langsung dari kursi Anda dan berseru, "YA,"
maka ini bisa sangat baik menjadi seri pasca Anda sudah
dibutuhkan. Belum lagi, dengan semua keluhan baru-baru ini
tentang Google dan bagaimana hasil mereka seharusnya
memburuk , waktu untuk meningkatkan kemampuan pencarian
Anda mungkin hanya di tangan. Jika hasilnya dalam indeks
Google, mereka dapat ditemukan, jadi duduk kembali, bersantai,
belajar Anda dan mempersiapkan diri untuk menjadi seorang
ninja pencarian!
Peringatan: Informasi dalam posting ini adalah banyak untuk
mengambil dalam jika Anda belum pernah melakukan pencarian
lanjutan di Google, jadi harap bersabar dan tidak memperlakukan
posting ini sebagai kesepakatan "dibaca sekali dan dilakukan"!
Anda mungkin bingung, jadi silakan bertanya melalui komentar
jika Anda lakukan dan saya akan dengan senang hati menjelaskan
apa yang saya bisa untuk Anda. Jangan khawatir tentang merasa
bodoh, baik. Saya benar-benar ingin kau mengerti hal ini karena
saya tahu berapa banyak akan meningkatkan pengalaman
pencarian Anda! Pastikan Anda klik pada semua contoh saya telah
disediakan di seluruh artikel karena mereka benar-benar akan
membantu Anda memvisualisasikan banyak informasi yang saya
bahas - terutama jika apa yang Anda baca menjadi
membingungkan. Melihat itu benar-benar bisa membuatnya "klik"
untuk Anda. Ambil posting ini dalam potongan-potongan jika
Anda perlu, tambahkan ke favorit Anda, dll tapi ingat untuk
bersabar, tetap berpikiran terbuka, percobaan pada Anda sendiri,
dan sebagian besar dari semua, HAVE FUN!
Sekarang, sebelum kita lanjutkan, saya ingin memberikan Anda
sebuah skenario untuk mempertimbangkan. Saya akan
menggunakan ini sebagai contoh seri-lebar bagi Anda untuk
referensi bagi semua poin yang akan datang. Dengan
mengatakan bahwa, katakanlah Anda tertarik pemrograman C +
+. Anda mengetik " C + + programming "dan beberapa
pertanyaan serupa ke Google tapi kau hanya tidak puas dengan
hasil yang Anda telah melihat. Ini bukan salah Google, karena
mereka tampaknya akan kembali hasil yang sangat relevan, tapi
mereka hanya tidak yang Anda merasa memenuhi metode Anda
belajar. Jadi, Anda berpikir untuk diri sendiri, "Aku tahu aku
mungkin harus hanya mengambil kelas atau membeli buku, tapi
aku benar-benar berharap ada cara untuk menemukan"
Pengantar C + + "presentasi / dokumen dari perguruan tinggi
online."
Nah, jika Anda adalah seorang ninja pencarian, Anda akan
menyadari banyaknya hasil pasti menunggu Anda untuk seperti
permintaan, dan dengan demikian, permintaan awal Anda pada
kereta pemikiran mungkin terlihat seperti ini: site: edu intitle:
Pendahuluan intitle: C + + filetype: ppt | filetype: pdf | filetype: doc
Sekarang, hanya apa permintaan yang memberitahu Google? Cari
saya sesama ninja luar sana tahu jawaban untuk ini, tetapi seri ini
tidak melayani mereka, jadi mari kita jatuhkan itu! Saya akan
menyelidiki situs:, intitle:, filetype:, AND dan OR operator, dan
banyak lagi. Titik yang sangat penting untuk diingat adalah bahwa
istilah pencarian Anda harus ditempatkan langsung setelah
operator tanpa spasi.
Sebagai contoh, situs: edu lucu benar di mana situs: edu lucu
tidak. Semua sama, intitle: lucu benar di mana intitle: lucu tidak.
Dari catatan tambahan adalah bahwa Google operator bersifat
case-sensitive, tetapi istilah pencarian Anda tidak! situs: edu lucu
tidak akan bekerja di mana situs: Edu lucu dan situs: edu lucu
akan bekerja satu-in-the-sama. Terakhir, urutan di mana Anda
menentukan istilah pencarian Anda tidak penting. Sebagai contoh,
situs: edu lucu akan bekerja persis sama dengan situs lucu: edu
(Anda dapat melihat jumlah yang berbeda dari hasil, tetapi jika
Anda benar-benar mengklik melalui setiap halaman dari hasil,
mereka akan cocok dan mereka berdua akan berakhir pada tepat
jumlah yang sama hasil).
"(Harga)
Menjaga bagian ini "singkat 'n manis," menceritakan penggunaan
kutipan Google yang Anda inginkan untuk kembali hasil untuk
jangka * * tepat yang Anda cari. Hal ini berlaku untuk
menggunakan 2 atau lebih kata-kata terpisah / huruf / angka.
Misalnya, mencari Windows 7 berbeda dengan mencari
"Windows 7" dalam contoh pertama akan memberikan hasil
yang dapat mencakup nomor 7 dan kata "Windows" * mana
saja * dalam halaman dan tidak selalu dikelompokkan bersama.
Contoh kedua, bagaimanapun, akan memberikan hasil yang
berisi Windows 7 sebagai frase * * tepat. Google melakukan
pekerjaan yang besar menebak apa yang Anda cari dengan atau
tanpa tanda kutip sebagian besar waktu, tetapi tentu tidak
sepanjang waktu - terutama jika Anda sedang mencari sebuah
frase eksak yang mencakup kata seperti "" yang Google memiliki
kecenderungan untuk mengabaikan. Misalnya, jika Anda sedang
mencari lirik yang mengandung frase berikut, kucing di pagar
akan menghasilkan hasil yang drastis berbeda dari "kucing di
pagar" akan. Dapatkan untuk mengetahui penggunaan tanda
kutip jika Anda belum, karena saya menggunakannya sering
sepanjang contoh di sini (dan Anda benar-benar akan mulai
memahami mengapa jika Anda belum)!
AND dan OR
The AND dan OR operator dapat sangat berguna dalam upaya
pencarian Anda. Mungkin membingungkan pada awalnya, saya
mendorong Anda untuk memberikan para operator beberapa
waktu untuk mengasinkan. Saya berjanji mereka akan "klik"
untuk Anda dan Anda akan senang Anda terjebak it out! Untuk
membahas kedua operator, saya akan menguraikannya secara
individual.
DAN: Operator ini memberitahu Google "Saya hanya ingin
melihat hasil yang berisi semua apa yang saya cari." Misalnya,
melakukan pencarian untuk anjing kucing memiliki potensi untuk
memberikan hasil tentang kucing saja, anjing saja, atau kucing
dan anjing. Jika Anda ingin memastikan bahwa Anda melihat hasil
hanya termasuk kucing dan anjing, permintaan pencarian Anda
akan (Anda dapat menebaknya) kucing DAN anjing . Ini benar-
benar sangat berguna jika Anda tertarik dalam menemukan
halaman yang berisi istilah pencarian beberapa, seperti kucing
anjing DAN DAN DAN burung kadal . Ini juga bagus untuk
membangun pencarian menggunakan kualifikasi seperti ",
pemula" pengenalan "," dll Sebagai contoh, Pendahuluan DAN C +
+ DAN Pemula . Dari semua operator yang saya gunakan, saya
menggunakan DAN paling jauh. Tapi kalau aku akan membahas
OR (yang berikutnya), maka saya tidak bisa meniadakan DAN!
OR: ". Saya hanya ingin melihat hasil berdasarkan apa yang saya
tentukan, tapi bukan hasil yang telah mengandung semua apa
yang saya tentukan" Apa operator ini dilakukan adalah
memberitahu Google Misalnya, jika Anda melakukan pencarian
untuk "Search Engine" ATAU C + + , apa yang akan Anda
dapatkan adalah hasil yang baik tentang mesin pencari atau C + +.
Ini mungkin bahwa hasil dari pencarian yang bisa berisi kedua C
+ + dan mesin pencari dalam artikel yang sama, tapi itu akan
menjadi suatu kebetulan! Ingat, jika Anda ingin melihat hasil
hanya harus berisi mesin pencari baik dan C + +, Anda akan
menggunakan operator AND seperti: "Search Engine" DAN C + + .
Sekarang, sangat penting untuk dicatat bahwa ATAU
dipertukarkan dengan |. Itu berarti Anda dapat menggunakan
salah satu baik untuk mencapai hasil akhir yang sama. Misalnya,
"Search Engine" | C + + adalah sama dengan "Search Engine"
ATAU C + + . Secara pribadi, saya ingin menggunakan | karena
memungkinkan Google tahu di luar bayangan keraguan bahwa
saya maksud OR dalam hal operator dan bukan kata. Misalnya,
bagaimana jika saya melakukan pencarian untuk "Search Engine"
ORC ? Apakah saya maksud "Search Engine" OR C seperti dalam
mesin pencari ATAU bahasa pemrograman bernama C, atau
apakah saya maksud "Search Engine" ORC seperti makhluk
fantasi mesin pencari? Karena ruang tidak peduli dengan operator
OR, "Search Engine" | C adalah sama dengan "Search Engine" | C
adalah sama dengan "Search Engine" | C adalah sama dengan
"Search Engine" | C .
Sekarang, cobalah keempat ( 1 2 3 4 ) dari mereka yang
menggunakan OR bukannya | dan Anda akan mendapatkan dua
set hasil yang sangat berbeda! Terakhir, penting untuk dicatat
bahwa Anda dapat memiliki beberapa operator OR dalam satu
permintaan pencarian. Hal ini dapat benar-benar membantu jika
mencari kualifikasi ganda untuk memberikan hasil yang lebih
untuk pergi melalui tanpa harus mengetikkan query individu.
Ambil, misalnya, sebuah skenario di mana produk berjalan
dengan beberapa nama. Katakanlah saya ingin mencari Windows
7-hal yang berhubungan. Yah, saya mungkin ingin menutupi
dasar sebanyak yang saya bisa dan mencoba sesuatu seperti
"Windows 7" | "Win 7" | "Windows Seven" | "Win Tujuh" .
situs:
Tanpa mendapatkan semua berbelit-belit dan rumit di sini, situs:
operator pada dasarnya mengatakan Google "Aku ingin kau
hanya menunjukkan hasil dari situs Web tertentu atau domain
saya tentukan." Jadi, untuk memberikan contoh menggunakan
hanya operator ini, situs: edu "Search Engine" akan memberitahu
Google bahwa Anda ingin melihat hasil tentang "Search Engine"
dari domain edu saja.. Mendapatkan bahkan lebih spesifik, Anda
bisa mencoba sesuatu seperti situs: harvard.edu "Search Engine"
untuk melihat hasil tentang "Search Engine" hanya dari situs Web
harvard.edu! Seperti yang Anda lihat, hanya situs: operator saja
dapat membantu untuk lebih menyaring dan menyempurnakan
hasil Anda, tapi jangan biarkan contoh edu atas
mengesampingkan kreativitas dan proses berpikir. Jika Anda
sedang mencari Windows 7 Service Pack 1 yang berhubungan
dengan material dan Anda hanya ingin melihat apa yang ada di
situs Microsoft, Anda bisa mencoba situs: microsoft.com
"Windows 7 Service Pack 1" dan BOOM , yang sangat relevan,
fine-tuned Hasil!
Yellow Belt Cari Ninja Latihan: Pikirkan topik Anda tertarik dan
mencoba untuk memikirkan beberapa situs Anda merasa akan
berisi informasi yang paling bermanfaat / mendalam berdasarkan
topik itu. Sekarang, membuat satu permintaan pencarian
berdasarkan topik Anda yang akan menunjukkan hasil dari kedua
situs yang Anda memikirkan dan hanya dua situs. Petunjuk: Ingat
| Operator! Pada halaman berikutnya, saya membahas filetype:
dan intitle: operator, serta solusi untuk contoh pembukaan dan
kesimpulan dari bagian 1.
filetype:
Selanjutnya pada berkas perkara adalah filetype: operator.
Operator ini memberitahu Google "Aku ingin kau menunjukkan
hasil yang dari jenis file (s) saya tentukan." Ini mungkin Operator
favorit saya untuk digunakan karena saya hanya loooove untuk
mencari dokumen dan presentasi! Beberapa jenis file yang paling
umum yang saya ingin mencari menggunakan filetype: Operator
yang ppt, pps, PPSX, pptx, xls, xlsx, doc, docx, txt, pdf, rtf, dan
banyak lagi. Anda dapat mencari file database (mdb, dbf, et al),
file musik (mp3, m4p, et al), file film (mpg, avi, et al), file arsip
(zip, rar, et al), file gambar (jpg, png, et al) dan banyak, banyak
lagi.
Melalui eksperimen saya, saya telah menemukan bahwa
mendefinisikan setiap jenis file yang Anda tertarik untuk mencari -
semua dipisahkan oleh | Operator - menghasilkan hasil terbaik.
Pada satu titik, Anda bisa menentukan jenis file dalam kurung
tetapi hasilnya yang cukup aneh (contoh: filetype: (ppt | pptx | pdf
| doc) ). Dalam contoh yang saya diberikan pada awal posting,
Anda dapat melihat bahwa saya menggunakan tiga filetype:
pernyataan operator yang dipisahkan oleh | Operator: filetype: ppt
| filetype: pdf | filetype: doc
Untuk diketahui, Anda mungkin akan terkejut dengan apa jenis
data yang Anda dapat menemukan didasarkan pada filetype:
pencari sendiri. Saya pernah menemukan sebuah file database
dari pengecer online penuh sesak nama lengkap, alamat, alamat
email, dan - mendapatkan ini - informasi kartu kredit penuh. Hal
yang menakutkan, ya? Itu kembali pada hari saya Google
hacking, tapi jangan salah bahwa ada seluruh dunia maju pencari
Google di luar sana yang dapat menemukan beberapa informasi
yang sangat mengungkapkan. Dan kalau dipikir-pikir, itu off itu
premis yang sangat saja bahwa saya mulai saya sendiri Microsoft
jurnalisme investigatif blog kembali pada tahun 2007! Saya akan
mencari informasi rahasia duduk-duduk di server orang tentang
produk Microsoft di masa depan saya tertarik dan saya
memutuskan saya ingin blog tentang mereka.
Metode saya telah sejak saat itu meningkat secara eksponensial
dan bercabang jauh melampaui mencari informasi tersebut
terkandung hanya dalam dokumen, tetapi jika untuk hal lain, itu
hanya pergi untuk menunjukkan bagaimana menggunakan
operator seperti filetype: untuk melakukan beberapa percobaan
bisa sangat menyenangkan, mengungkapkan, dan bahkan
mungkin berubah menjadi entitas tersendiri untuk Anda. Dalam
kasus contoh kita di awal artikel, meskipun, kita menggunakan
filetype: operator untuk mencari tiga jenis file: ppt, pdf, dan doc.
intitle:
Sederhananya, operator ini memberitahu Google hanya
menampilkan hasil yang menyertakan istilah pencarian Anda
dalam judul hasilnya. Jika Anda tidak terbiasa dengan judul,
sebagian besar halaman dan dokumen memiliki mereka dan
mereka biasanya apa yang Anda klik ketika Anda mengklik untuk
melihat hasil di Google. Misalnya, intitle: ginormous menunjukkan
kata "ginormous" dalam huruf tebal dalam judul setiap hasil.
Menggunakan intitle: operator sangat cocok untuk mempersempit
hasil untuk menunjukkan istilah yang paling penting yang Anda
cari di sana dalam judul halaman atau dokumen.
Sekarang, jika Anda merasa sangat nakal, Anda dapat mencoba
beberapa pencarian di sepanjang baris intitle: index.of MyMusic
dan melihat apa semua yang Anda bisa menggali. Tentu, saya
tidak membenarkan mengunduh konten ilegal Anda mungkin
menemukan melakukan pencarian tersebut, tetapi memperluas
keluar ke pencarian seperti itu akan menunjukkan betapa banyak
orang di luar sana yang peduli dengan kemampuan
sesungguhnya dari mesin pencari. Anda akan terkejut melihat
betapa banyak orang sembarangan meninggalkan materi ilegal /
hak cipta atas server web mereka. Jangankan orang yang
meninggalkan informasi pribadi dan / atau rahasia mengambang
di sekitar direktori di situs Web mereka.
Jadi, jika Anda salah satu dari jenis-jenis orang, sekarang Anda
memiliki alasan yang baik untuk memeriksa dan pastikan Anda
tidak melayani sampai beberapa hal yang berpotensi membuat
Anda dalam tumpukan masalah! Bagaimana Anda bisa
melakukan itu? Sederhana! Cobalah situs: operator yang
menggunakan situs Anda untuk melihat apa semua Google telah
diindeks dari situs Anda! Anda mungkin hanya akan terkejut
dengan apa yang Anda temukan. Jika Anda seorang SEO, Anda
dapat mempertimbangkan ini layanan nilai tambah kepada klien
Anda. Saya yakin Anda pernah diragukan lagi menggunakan
situs: operator untuk mendapatkan gambaran kasar tentang
berapa banyak halaman situs klien Anda 'diindeks, kan? Nah,
bayangkan apa yang akan mereka pikirkan tentang Anda jika
Anda mendekati mereka dan berkata, "kami menemukan
masalah keamanan dengan situs Anda, tapi kita bisa
membersihkan dengan benar untuk Anda!" Barang bagus. ;)
Solusi untuk Membuka Contoh
site: edu intitle: Pendahuluan intitle: C + + filetype: ppt | filetype: pdf
| filetype: doc
Apakah Anda tahu apa query yang memberitahu Google untuk
menunjukkan Anda sekarang? :) Jika tidak, inilah solusinya: Google
akan memberikan hasil dari domain edu (situs: edu). Dengan
"Pendahuluan" istilah dan "C + +" dalam judul setiap hasil (intitle:
intitle Pendahuluan: C + +) dan dari hasil tersebut , itu hanya akan
menampilkan file ppt, pdf, atau doc ​​(filetype: ppt | filetype: pdf |
filetype: doc). Dan itu saja!
Ada Catch ...
Anda hanya tahu ada harus menjadi salah satu, kan? Untungnya,
itu biasanya bukan yang utama. Anda lihat, satu-satunya masalah
hari ini dengan melakukan query canggih tersebut adalah bahwa
Google seringkali bendera pencarian seperti query otomatis
potensial (query dijalankan oleh program, script, dll). Google
cukup bersikeras tentang menjaga hal itu terjadi, sehingga Anda
terus menjalankan beberapa pertanyaan lanjutan dalam jumlah
waktu yang singkat, Google juga akan memberikan anda pilihan
untuk mengisi captcha untuk terus mencari atau mereka hanya
akan menunjukkan kepada Anda halaman meminta maaf kepada
Anda bahwa mereka tidak dapat menyelesaikan permintaan
pencarian Anda (yang saya temukan untuk menjadi sangat
frustasi, pribadi - terutama jika saya pada roll meneliti dengan
pertanyaan lanjutan). Jika yang terakhir yang terjadi, maka Anda
dapat mencoba query yang sama di browser internet yang
berbeda, menunggu saja, mengubah alamat IP Anda, atau pergi
ke komputer yang berbeda. Kabar baiknya adalah bahwa Anda
benar-benar harus menggali ke dalam beberapa pertanyaan
lanjutan seperti yang dalam larutan di atas untuk mendapatkan
ditandai oleh Google.
Wrapping Up Part 1
Bagaimana posting ini bahkan jauh SEO-terkait, Stephen?
Pertanyaan yang bagus! Adapun menempatkan SEO ( Search
Engine Optimization ) miring untuk seluruh hal ini, Anda dapat
mempertimbangkan ini alasan yang sangat baik untuk benar
tujuan konten Anda apakah itu di web atau dalam presentasi /
dokumen. Meskipun Anda tidak akan melihat sejumlah besar lalu
lintas apapun dari orang yang mencari dokumentasi / konten
sehingga khusus, Anda tidak pernah tahu apakah itu satu orang
yang tidak akan menyebarkan berita tentang apa yang mereka
temukan. Anda bisa mendapatkan sespesifik yang Anda inginkan
dengan konten Anda dan menyelidiki penelitian kata kunci jika
Anda memilih demikian, tapi ingat satu orang benar-benar dapat
membuat perbedaan jika mereka menemukan konten Anda,
menikmatinya, dan memutuskan untuk berbagi! Selain itu,
semakin Anda tahu bagaimana menggali Google, semakin Anda
belajar bagaimana memahaminya sebagai mesin pencari. Ini
memberi Anda perspektif, satu set keterampilan yang unik, dan
kemampuan untuk melakukan beberapa penyelidikan benar-
benar rinci ke situs klien Anda jika perlu. Tidak, itu bukan
persyaratan untuk mengetahui bagaimana menggunakan Google
sejauh ini, tapi itu benar-benar tidak bisa menyakiti Anda untuk
memahami segala sesuatu yang Anda dapat tentang mesin
pencari. Semakin Anda memahami mereka, semakin baik Anda
dapat mengoptimalkan untuk mereka dan mengambil sendiri di
luar bidang hanya mengikuti apa yang Anda baca dari orang lain.
Sekarang, sementara Anda mungkin berpikir untuk diri sendiri
"saja membuang-buang waktu saya harus belajar bagaimana
untuk mencari seperti ini," Saya akan sangat mendorong Anda
untuk tetap berpikiran terbuka dan mencoba untuk mengubah
pikiran Anda. Ini adalah keterampilan untuk dapat mencari
seperti ini dan memiliki kapasitas untuk sangat memperkaya
hidup Anda! Pernyataan itu mungkin tampak seperti berlebihan,
tetapi sekali Anda mulai berpikir lebih dalam apa yang Anda cari
dan bagaimana menemukannya, ketergantungan Anda pada
orang lain dan peduli tentang Google membuat hasil pencarian
yang lebih relevan dengan permintaan orang umum akan
menurun sangat.
Sebuah contoh utama adalah yang utama saya gunakan untuk
artikel ini. Saya akan bertaruh bahwa tidak ada satu kurikulum
Saya tidak dapat mengakses - sebagian atau seluruhnya - dari
lembaga pendidikan di seluruh dunia. Jika saya ingin belajar
tentang pemrograman komputer tanpa mendaftar untuk kelas,
aku bisa. Jika saya ingin belajar tentang agama-agama dunia
tanpa mendaftar untuk kelas, aku bisa. Sekarang, aku tidak
mempromosikan pencurian dengan cara apapun, tetapi jika aku
memiliki kekuatan untuk menemukan dan mengakses informasi
tanpa menggunakan tindakan menipu, maka aku akan
memanfaatkan kekuatan itu. Menurut pendapat saya, itu adalah
kekuatan sejati Google - bukan kemampuannya untuk mencoba
membaca pikiran seperti mencoba untuk membuat hasilnya lebih
relevan menggunakan istilah pencarian kurang.
Untuk menutup salah satu bagian dari seri ini, saya ingin
mengingatkan Anda untuk melatih kesabaran dan percobaan,
percobaan, eksperimen! Kau tidak menyakiti siapa pun dengan
mendapatkan kreatif dengan pencarian Anda, jadi berpikir besar!
Juga, berpikir di luar kotak. Walaupun ada cara yang benar dan
salah melakukan pencarian, kadang-kadang menarik untuk
melihat apa yang akan Anda dapatkan ketika melakukan pencarian
salah. Jadi keluar sana dan mendapatkan pencarian!
Jika Anda memiliki pertanyaan atau memerlukan bantuan
merumuskan query berdasarkan seperangkat istilah / ide, saya
pasti akan mencoba yang terbaik untuk membantu Anda keluar.
Either way, menantikan untuk bagian kedua dari seri di mana
saya akan menunjukkan kepada Anda bagaimana untuk
menelusuri hasil Anda turun bahkan lebih daripada yang kita
miliki di sini di posting ini.
Previous
Next Post »

6 comments

  1. Mantaps gan, akhirnya saya dapat ilmu baru lagi nih..

    Sukses ^_*

    ReplyDelete
  2. Here elaborates the matter not only extensively but also detailly. I support the write's unique point. It is useful and benefit to your daily life.

    ReplyDelete
  3. Blogging is the new poetry. I find it wonderful and amazing in many ways.

    ReplyDelete
  4. very informative post for me as I am always looking for new content that can help me and my knowledge grow better.

    ReplyDelete
  5. Amazing blog and very interesting stuff you got here! I definitely learned a lot from reading through some of your earlier posts as well and decided to drop a comment on this one!

    ReplyDelete
  6. Hi, Really great effort. Everyone must read this article. Thanks for sharing.

    ReplyDelete

Being wise is a polite comment motto
Indonesian bloggers understand ethical
blogger in http://official-seo.blogspot.com